Ada Wisata Sejarah dan Miniatur Rinjani di Taman Narmada

Taman Narmada di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727. Taman Narmada digunakan sebagai tempat peristirahatan raja. Luasnya sekitar dua hektar. Di dalam taman dibangun beberaapa bangunan dan kolam. Taman ini memiliki kontur yang bertingkat-tingkat. Mulai dari rumah rja dan pura di bagian atas sampai kolam besar di bagian bawah. Sobat bisa menikmati wisata sejarah dan miniatur rinjani di Taman Narmada.

Taman Narmada Didesain Menyerupai Replika Gunung Rinjani

Taman Narmada didesain menyerupai replika gunung rinjani. Raja setiap tahun biasa melakukan ritual pakelem atau sesaji di gunung Rinjani. Seiring bertaambahnya usia, raja tidak kuat lagi mendaki sehingga memerintahkan dibuat replika gunung Rinjani lengkap dengan replika Danau Segara Anaknya. Taman ini mewakili Gunung Rinjani sehingg raja mengganti upacara ke gunung Rinjani di Taman ini.

Kolam Pemandian Taman Narmada

Taman Narmada Menyimpan Bangunan Bersejarah

Bangungan yang ada di dalam Taman menyimpan nilai sejarah. Beberapa bangunan di dalamnya yaitu Balai Loji. Balai Loji adalah tempat tinggal. Balai terang sebagai tempat tidur raja sambil melihat pemandangan yang ada di bawah. Pura Kalasa sebagai tempat ibadah. Di sana juga terdapat tiga buah kolam terpisah. Ada yang digunakan untuk mandi putri dan selir raja, pemandian untuk prajurit, pemandian untuk raja sendiri, dan kolam replika Gunung Rinjani yang berada di bagian paling bawah.

Kolam Taman Narmada

Nama Taman Narmada Berasal Dari Nama Sungai di India

Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem beragama hindu. Penamaan Taman Narmada tidak lepas dari pengaruh agama Hindu. Narmada diambil dari sebuah sungai yang disucikan pemeluk hindu di India. Keberadaan Taman Narmada sendiri sangat dekat dengan sumber air. Di dalam tama nada sebuah bangunan ang di sebut Petirtaan sebagai tempat pertemuan tiga aliran sungai yaitu sungai Narmada, Lingsar, dan Suranadi.

Telaga Replika Danau Segara Anakdi Taman Narmada

Belanja Aneka Oleh-Oleh di Taman Narmada

Taman Narmada telah berubah menjadi sebuah objek wisata yang ramai lengkap dengan pust oleh-olehnya. Pusat oleh-oleh terletak sebelum gerbang keluar Taman. Barang yang ditawarkan beraneka ragam seperti baju, celana, Kain Songket aneka motif, aksesori seperti cincin, gelang, kalung, gantungan kunci dan aneka kerajinan dari kayu. Sobat juga bisa memilih perhisan mutiara ombok yang sudah terkenal.

Lokasi Taman Narmada

Lokasi taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Jarak dari kota Mataram sekitar 10 kilometer. Tiket Masuk hanya Rp.10.000 sudah termasuk parkirnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *