Air Terjun Tiu Kelep Tujuan Wisata Lombok dengan Debit Air yang Besar

Air terjun Tiu Kelep adalah air terjun kedua setelah air terjun Sendang Gile jika mengunjungi wisata air terjun di desa Senaru. Air terjun ini memiliki debit air yang besar. Air Terjun Tiu Kelep Terbesar di Lombok. Keindahan air terjun Sendang Gile yang berada di bawahnya bisa di sebut baru sebagai pembukaan. Keindahan air terjun Tiu Kelep lebih memukau lagi.

Medan Menuju Air Terjun Berupa Jalan Setapak, Tangga, Aliran Air dan Sungai

Perjalanan menuju air terjun Tiu Kelep menyajikan medan yang beragam selama sekitar setengah jam. Sobat akan berjalan menyusuri aliran air yang kecil seperti aliran irigasi dengan pepohonan rindang di sepanjang jalan. Sobat juga akan melewati anak tangga, jalan setapak dan menyebrang aliran sungai yang tidak dalam. hati-hati ketika melewati bebatuan yang licin karena ditumbuhi lumut. Setelah berhasil melewati medan tersebut, sobat akan disuguhi pemandangan air terjun yang pasti menggodamu untuk bermain air.

air terjun tiu kelep wsata lombok lombokbook
Tangga menuju air terjun Tiu Kelep (i@m Thiyaz)

Debit Airnya Besar dan Bertingkat

Air terun Tiu Kelep memiliki dua tingkatan. Tingkat pertama adalah tingkat bawah dengan beberapa titik aliran yang jatuh seolah merambat di tebing sebelum jatuh ke kolam air. Tingkat kedua yang berada di atasnya memilik satu titik dengan debit air yang lebih besar dan langsung jatuh di kolam air. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter.

Kolam yang menampung aliran air terjun cukup besar. Sobat bisa berendam dan berenang di sana. Airnya yang dingin dan jernih sangat sayang untuk dilewatkan. Nama Tiu Kelep ini dari bahasa Sasak yang kurang lebih artinya air yang terbang. Mungkin karena alirannya yang besar dan deras sehinggga terlihat terbang. Butiran air yang terbentuk juga menyebar ke segala penjuru sekitar air terjun. Berdiri di pinggir kolam tanpa berenang pun bisa basah karena embun dari air terjun

rekomendasi tempat wisata dan liburan lombok di air terjun tiu kelep
Air Terjun Tiu Kelep dengan Debit yang Sangat BesarĀ (i@m Thiyaz)

Sobat Akan Melewati Jembatan yang Cukup Menegangkan serta Sobat Akan Masuk Terowongan Air Ketika Balik

Pesona air terjun ini belum habis. Sobat perlu mencoba lewat jalur lain lagi ketika ingin balik. Sebuah jembatan yang tidak terlalu lebar dengan bolongan-bolongan persegi di tengahnya. Jembatan ini digunakan untuk menyebrangi aliran air irigasi. Selanjutnya sobat akan melewati lorong air yang cukup besar. Lorong ini digunakan sebagai aliran irigasi. Bersiap-siaplah untuk membsahi celana anda karena aliran airnya agak deras dan tak ada penerang di dalamnya. Di ujung lorong anda akan sampai di titik bawah tangga dan harus menaiki ratusan tangga lagi untuk sampai ke pintu gerbang wisata air terjun ini.

Lokasi

Lokasinya berada di Desa Searu, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Bisa ditempuh dari kota Mataram melewati jalur pantai Senggigi atau bisa juga lewat hutan Pusuk. Waktu tempuh sekitar 2 jam dari kota Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *