Ngadem di Sungai Aiq Nyet Kawasan Wisata Hutan Sesaot

Masih di kawasan Narmada, satu lagi tempat ngadem dengan suasana hutan dan sungai yang dingin. Hutan Sesaot. Hutan ini memiliki luas sekitar 6000 hektar. Tempat wisata ini cocok untuk tempat ngadem. Ngadem di Sungai Aiq Nyet kawasan Hutan Sesaot bisa memberikan ketenangan dan kesegaran.

Dari hutan ini muncul sumber mata air yang banyak. Diperkirakan setidaknya ada 56 mata air yang ada di hutan sesaot. Mata air tersebut juga ada yang berasal dari hutan kawasan Gunung Rinjani. Mata air tersebut mengalir menuju sungai sehingga airnya sangat bening dan bersih bebas dari limbah.

Hutan Sesaot Paru-Paru Lombok

Hutan sesaot merupakan hutan lindung yang luasnya 5.935 hektar. Sekitar 64 hektar dijadikan sebagai kawasan hutan wisata dan sekitar 185 hektar kawasan hutan dimanfaatkan sebagai hutan kemasyarakatan yang bisa dikelola masyarakat sebagai sumber penghasilan dengan konsep pengelolaan hutan lestari.

Keberadaan hutan sesaot sangat vital bagi masyarakat di Lombok. Hutan sesaot merupakan wilayah tangkapan air yang dimanfaatkan sebagai sumber mata air yang memenuhi kebutuhan air warga kota mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Air dari hutan sesaot dikelola untuk kebutuhan sehari-hari warga melalui PDAM juga sebagai sumber pengairan lahan pertanian warga. Kelestarian kawasan hutan sesaot sangat penting demi terpenuhinya kebutuhan hidup masyarakat Lombok.

Berendam di Sungai Aiq Nyet

Berwisata di kawasan hutan sesaot kita akan menemukan suasana yang sejuk, udara bersih dan segar, asri, dan yang lebih menyenangkan kita bisa menikmati dinginnya air sungai sesaot. Warga sekitar menyebut sungai di kawasan hutan sesaot dengan Kokoq Aiq Nye taut Sungai Air Dingin. Seperti namanya, airnya sangat dingin.

wisata adem lombok di sungai aiq nyet kawasan hutan sesaot
Sungai Aiq Nyet di Hutan Sesaot

Kesegaran dan kemurnian airnya menjadikan masyarakat sekitar bahwa airnya dapat menyembuhkan bermacam penyakit. Tentu saja berendam di aliran sungai yang alami belum tersntuh limbah apa pun akan lebih menyehatkan. Tak heran kita akan menjumpai para wisatawan berendam dan bermain air di sana.

Kawasan wisata di sekitar sungai Aiq Nyet sudah ditata dan didukung dengan fasilitas yang baik. Kita bisa menjumpai banyak warung makan yang menjual menu makanan khas Lombok seperti sate bulayak, ayam bakar taliwang, pelecing kangkung dan banyak lagi. Selain itu juga banyak disediakan banyak gazebo di pinggir sungai. Sangat cocok jika berkumpul bersama keluarga di gazebo sambil menikmati udara sejuk dan suara aliran sungai.

Outbond, Camping, Trekking, dan Selfie di Kawasan Wisata Hutan Sesaot

Ada juga tempat foto yang saying untuk dilewatkan. Sebuah jembatan melengkung dibangun menghubungkan kedua pinggir sungai. Banyak pasangan yang mencoba berfoto di tengah jembatan dengan latar sungai yang banyak terdapat batu-batu besarnya dan hutan yang lebat.

Kalian yang suka outbond juga sudah disediakan tempat untuk seru-seruan bareng sahabat. Kawasan tersebut sering digunakan untuk camping. Kegiatan lainnya adalah trekking berjalan menyusuri hutan.

Hutan sesaot terletak di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Sekitar 5 KM dari Desa Suranadi atau sekitar 8 KM dari Taman Narmada. Tiket masuk kawasan Hutan Sesaot adalah Rp.2000 dengan biaya parker motor Rp.5000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *