Resep Membuat Kangkung Pelecing Paket Komplit, Menu Kuliner Lombok 1

Belum lengkap ke Lombok tanpa menyicipi kangkung pelecing. Menu kuliner Lombok satu ini memang sekali dengan Pulau Lombok. Pelecing kangkung menjadi menu keseharian masyarakat Lombok. Menu ini biasa disajikan sebagai teman sarapan dan makan siang. Paling enak dinikmati dengan bulayak atau lontong. Di beberapa rumah makan, kangkung pelecing dijadikan pelengkap menu ayam bakar taliwang.

Kangkung yang digunakan untuk membuat pelecing juga khas Lombok. Ukuran kangkungnya lebih besar. Diameter batangnya lebih besar dan memiliki rongga lebih lebar. Teksturnya juga lembut, tidak terlalu kasar jika sudah direbus ataupun cukup dicelupkan sebentar ke air panas. Bagian kangkung yang di ambil adalah yang masih muda yang sekiranya kita tekuk pakai tangan batangnya akan langsung patah.

Kangkung Pelecing Paket Komplit

Alat dan Bahan

  1. Panci
  2. Air
  3. Garam
  4. Tomat
  5. Cabai
  6. Terasi
  7. Tauge
  8. Limau
  9. Kacang tanah
  10. Parutan kelapa
  11. Ketimun

Cara Membuat

  1. Panaskan setengah panic air sampai mendidih
  2. Masukkan kangkung yang sudah dibersihkan ke dalam air yang sudah mendidih sampai kangkung terasa empuk. Jangan menutup panic ketika merebus kangkung dan jangan lupa tambahkan sedikit garam ke dalam air medidih tadi.
  3. Angkat kangkung yang sudah empuk lalu tiriskan.
  4. Rebus juga toge sampai empuk.
  5. Goring kacang tanah

Sementara menunggu kangkung agak dingin kita siapkan bumbnya dengan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  1. Siapkan cabai sesuai selera menyesuaikan dengan tingkat kepedasan dan terasi yang sudah dibakar lalu uleg sampai halus. Jangan lupa tambahkan setengah sendok teh garam. Setelah halus iris tomat ke dalam bumbu lalu uleg agar lebih mudah sampai tomat halus dan tercampur bumbu yang lain.
  2. Kangkung yang sudah direbus tadi di suir-suir menjadi ukuran yang lebih kecil.
  3. Sajikan kangkung dicampur toge dalam piring lalu taburkan parutan kelapa dan tambahkan bumbu di atasnya. Tambahkan sedikit perasan limau agar rasanya lebih segar.
  4. Terakhir taburkan  kacang tanah yang sudah digoreng tadi dan juga potongan ketimun.

Cara memakannya yaitu campur bumbu dengan kangkung, parutan kelapa, kacang tanah, dan toge tadi sampai merata. Kangkung pelecing siap di santap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *