Remaja Musolla RDHIP Dusun Tanggong, Desa Darek Membantu Korban Gempa

Duka akibat rangkaian gempa yang mengguncang Lombok juga turut dirasakan Remaja Darul Hikmah Islamic Pesantren. Keprihatinan terhadap korban gempa mendorong Remaja RDHIP bantu korban gempa. Mereka melakukan penggalangan dana bagi korban gempa di Lombok Utara. Remaja Musolla RDHIP Dusun Tanggong, Desa Darek menyalurkan bantuan kepada korban gempa Lombok yang ada di Dusun Karang Bayang, Tanjung, Lombok Utara.

Rangkaian gempa yang mengguncang pulau Lombok sejak tanggal 29. Gempa terbesar terjadi pada tanggal 5 Agustus, Minggu malam ketika masyarakat masih di Masjid menunaikan solat Isya. Sampai hari ini telah banyak memakan korban jiwa dan materi. Sampai Hari ini tercatat sudah ada 381 korban meninggal dan terbanyak ada di kabupaten Lombk Utara.

Remaja RDHIP mengajak warga dusun Tanggong Desa Darek untuk ikut berpartisipasi membantu korban gempa. Bantuan berupa bahan makanan seperti berti beras, air, mi instan, dan juga pakaian. Warga sangat antusias dan turut membantu persiapan penyaluran bantuan.

Pagi-pagi mereka sudah mulai packing barang bantuan dan berangkat ke lokasi pada pukul 08.00 WITA menggunakan dua buah mobil pick up.

Remaja Musolla RDHIP Bantu Korban Gempa Lombok
Remaja Musolla RDHIP Dusun Tanggong, Desa Darek Bantu Korban Gempa di Tanjung

Sesampai di lokasi mereka disambut oleh Baridah dan warga lainnya. Baridah adalah warga desa Darek yang sudah lama menetap di Tanjung. Gempa dahsyat yang mengguncang Lombok Utara merobohkan rumah-rumah di sana. Warga mendirikan tenda-tenda pengungsian dan berharap bantuan segera. “Alhamdulillah bantuan akhirnya sudah bisa sampai ke pelosok-pelosok,” ucap syukur Baridah. Bantuan untuk warga di pelosok sangat dibutuhkan.

Gempa susulan masih kerap dirasakan warga dan paling besar terjadi tadi siang dengan kekuatan 6,2SR. waktu itu Rombongan Remaja RDHIP sedang berada di tengah jalan untuk pulang. Salah seorang rombongan, Fikri menceritakan, “Gempa  susulan terjadi ketika kami sedang berada di jalan menjelang masuk pusuk. Kami melihat menara masjid di pinggir jalan goyang.”

Jalur kawasan perbukitan hutan pusuk kini ditutup karena ada longsor. Relawan yang ingin menyalurkan bantuan maupun warga yang ingin menjenguk keluarganya diarahkan melalui jalur pantai Senggigi.

2 thoughts on “Remaja Musolla RDHIP Dusun Tanggong, Desa Darek Membantu Korban Gempa

  • August 9, 2018 at 7:18 pm
    Permalink

    semangat untuk membantu sesama, keren

    Reply
    • August 11, 2018 at 4:11 am
      Permalink

      Terimakasih dukungannya. Teta berdoa untuk saudara-saudara kita

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *