Pentingnya Belajar dan Pendidikan yang Baik untuk Mencetak Generasi Terbaik

Malam minggu tanggal 28 Juli 2018, Yayasan Generasi Muslim Cendikia Puyung mengadakan tablig akbar dan mengundang Syaikh Muhammad Hasan Al’Aulai Al’Adni untuk menyampaikan pelajaran pentingnya Belajar dan Pendidikan kepada kita. Acara diadakan di Masjid Assyaufi GMC Puyung dan mengundang warga GMC dan masyarakat umum.

Syaikh Muhammad Hasan Al-‘Aulai menyampaikan pesan-pesan pentingnya transfer nilai dari generasi ke generasi. Berikut adalah materi yang bisa kita tangkap dari paparan Beliau.

Materi Tablig Akbar Pentingnya Belajar dan Pendidikan yang Baik

Rasulullah S.A.W. menyebutkan bahawa kita umat muslim adalah umat terbaik. Tetapi kenapa realitanya sekarang kita tertinggal di berbagai bidang kehidupan? Apa yang salah? Apakah agama kita atau cara beragama kita? Apakah yang kurang dari kita sekarang?

belajar dan pendidikan
Syaikh, Muhammad Hasan Al-‘Aulai Al-‘Adni

Ada dua hal yang harus dkita perhatikan untuk mendapatkan predikat umat terbaik yaitu belajar dan pendidikan. Proses belajar dan pendidikan ini yang selalu beliau lakukan baik ketika di Makkah maupun di Madinah sampai beliau dipanggil oleh Allah S.W.T.

Akhlak yang baik akan muncul jika seseorang menerima pelajaran-pelajaran yang baik juga. Sehingga ayat pertama yang Allah turunkan pada kita adalah perintah untuk Iqra’, bcalah, perintah untuk membaca. Kenapa perintah pertama membaca?

Karena tidak mungkin kita bisa mengenal kebaikan kalau tidak belajar, sedangkan proses belajar itu tidak bisa dilakukan jika tidak dengan membaca. Jika proses membaca, belajar itu bagus maka hasilnya juga akan bagus.

Sekarang tempat belajar sudah banyak, tetapi hal yang perlu kita perhatikan adalah apakah yang kita pelajari tersebut dapat menghubungkan kita kepada Allah Ta’ala? Kita tidak hanya disuruh belajar, tetapi dalam ayat pertama yang diturunkanNya, Allah menyeru kita untuk membaca dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan. Proses belajar dan pendidikan ini harus diwariskan dari generasi ke generasi.

Maka penting untuk seorang ayah, orang tua, memiliki pendidikan yang baik agar bisa mengajarkan anak-anaknya, generasi penerusnya pendidikan yang baik. Putra-putri kita kelak akan menjadi pemimpin dan juga memilik tanggung jawab untuk mendidik keluarga mereka.

Jadi dengan apa kita mempersiapkan generasi penerus kita? Dengan akhlak dan teladan siapa kita mendidik anak-anak kita? Pendidikan yang seperti apa yang akan kita berikan pada anak-anak kita? Rasulullah S.A.W. memberikan tanggung jawab pada orang tua untuk mendidik anak-anaknya. Rasulullah bersabda, anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tuanyalah yang mengubah akhlak anaknya menjadi nasrani, yahudi, dan majusi. Fitrah artinya anak-anak itu siap untuk menjadi orang yang soleh. Oleh karena itu perlu bagi orang tua mewariskan ilmu-ilmu yang baik.

Untuk menjadikan generasi penerus kita menjadi generasi terbaik maka hal yang harus kita lakukan adalah memastikan mereka mendapatkan pendidikan terbaik, warisan pendidikan yang didapatkan oleh generasi-generasi terbaik terdahulu. Tugas orang tua memastikan transfer nilai dari generasi ke generasi mulai dari Rasulullah, sahabat-sahabatnya sampai kepada pewaris-pewarisnya.

Kita kenalkan anak-anak kita akhlak Rasulullah, karena beliaulah suri tauladan terbaik, kita tumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah, serta menceritakan kisah-kisah hidup beliau.

Hal penting lainnya dalam memberikan pendidikan pada keluarga adalah dengan memperlihatkan teladan yang baik. Kita mulai mengaplikasikan pelajarn-pelajaran yang diwariskan Rasulullah S.A.W. di mulai dari hal-hal yang kecil. Kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah membiasakan beribadah. Pernahkah kita membangunkan anggota keluarga untuk solat tahajjud?

Ingin menjadi generasi terbaik caranya adalah dengan mencontoh yang dilakukan oleh generasi terbaik sebelum kita. Ayo kita baca kisah-kisah Rasulullah, sahabat-sahabatnya dan orang-orang soleh sehingga kita bisa mendapatkan pelajaran-pelajaran yang selanjutnya diamalkan dan kita warisi ke generasi penerus kita.

Ayo update berita tentang dunia pendidikan di sini: Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *