Pantai Tanjung Aan Tempat Wisata dan Liburan Berpasir Unik di Lombok

Jalan-jalan ke pantai selatan Lombok rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi Pantai Tanjung Aan. Lokasinya tak jauh dari pantai kute, sekitar dua kilometer ke sebelah timur. Suasananya lebih sepi dibandingkan pantai kute. Pemandanganan di sini lebih keren. Sangat eksotik. Kamu akan menemukan dua jenis pasir dalam satu pantai, bukit, dan batu karang seperti lantai.

Dua jenis pasir yang dipisahkan bukit kecil

Pantai ini memiliki pasir yang unik. Ada dua jenis pasir dalam satu pantai. Kedua jenis pasir ini dipisahkan oleh sebuah bukit. Sebelah timur bukit memiliki pasir yang berbentuk bulat kecil seperti merica. Sedangkan sebelah barat bukit memiliki jenis pasir yang putih halus seperti tepung.

pasir merica Pantai Tanjung Aan wisata lombok lombokbook
                                      Pasir Merica Pantai Tanjung Aan (flicker.com)

Batu karang seperti lantai

Disekitar bukit terdapat patu karang yang unik. Bagian depan bukit batu karang menyembul dan bagian ujungnya membelah dua. Kalian bisa masuk di sela-selanya, tapi hati-hati jika air lautnya sudah pasang. Bagian sebelah barat bentuknya seperti lntai, datar gitu. Mungkin itu akibat terkikis ombak.

Bermain banana boat

Selain kontur pantai yang unik, kalian juga bisa seru-seruan di pantai ini. Bagian pantai sebelah barat disediakan wahana banana boat. Kalian bareng sahabat-sahabatmu bisa teriak-teriak sambil bermain air. Bagian barat pantai memang sering digunakan untuk bermain, sedangkan sebelah timur biasanya digunakan untuk menikmati pemandangan sambil bersantai.

Bermain kano

Kalian juga bisa menyewa kano. Ombak dipantai Aan memang lebih tenang dan tidak terlalu besar, cocok untuk bermain kano. Menaiki kano adalah slah satu cara menikmati laut yang tenang. Kalian bisa sedikit ke tengah sambil menikmati karang di bawahnya.

Tiduran di bawah taring

Di pinggir pantai banyak didirikan tempat berteduh tradisional. Orang Lombok menebutnya taring, semacam terob dengan tiang bambu dan beratap anyaman daun kelapa. Dibawah terob juga dibutkan dipan dari batang pohon yang sudah dipihkan. Jika sudah capek bermain air, kalian bisa selonjoran di sini. Jangan lupa memesan kelapa muda yang banyak dijual di sana. Di tempat ini juga kalian bisa memilih oleh-oleh berupa kain tenun dan pernak-pernik.

tempat wisata rekomendasi lombok pantai tanjung aan
                                                                                     Pantai Tanjung Aan Lombok (flicker.com)

Menyewa kapal nelayan

Beberapa kapal disewkan nelayan untuk mengantar pengunjung menikmati suasana laut pantai Tanjung Aan. Kalian bersama keluarga boleh mencobanya. Tarifnya sekitar Rp.5000-Rp.10000 per orang.

Bermain ayunan

Spot yang satu ini sangat diminati teman-teman yang hobi selfie. Sebuah ayunan dengan latar pantai tentu sangat instagramable bukan. Datanglah saat pengunjung tidak terlalu ramai. Hari libur biasanya banyak orang yang datang. sobat mesti antri kalau pengujungnya ramai. Spot yang satu ini memang menjadi rebutan, khususnya untuk cewek-cewek yang sukan selfie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *