Pantai Selong Belanak, Spot Wisata Lombok Berpasir Tepung

Pantai Selong Belanak termasuk salah satu deretan pantai-pantai instagramable di pesisir Lombok selatan. Hamparn pasir terbentang luas di pantai ini. Pantainya landai sehingga kalau berenang ke tengah pun tidak terlalu dalam. tetapi tetap hati-hati kalau berenang karena ombaknya lumayan besar sehingga banyak dimanfaatkan wisatawan untuk surfing.

surfing di selong belanak wisata lombok lombokbook
Surfing di Selong Belanak (flicker.com)

Pasirnya Sangat Halus Hampir Menyerupai Tepung

Pasir di Pantai Selong Belanak berwarna putih dan sangat halus. Kalau kita memegangnya terasa lembut. Bentuknya yang halus ini sering diumpmakan seperti tepung. Karena kehalusan pasirnya, bolehlah pantai ini dinamakan pantai tepung. Karena kehalusannya juga struktur pasir akan memadat jika basah. Banyak warga atau pengunjung yang mencoba mengendarai  motor atau sepeda di pinggir pantai ketika suasana sepi. Pasir pantai yang memadat karena basah tidak membuat ban motor terpeleset.

Setiap Pagi dan Sore Hari Wisatawan Akan Disuguhi Pemandangan Eksotik Warga yang Membawa Kerbau Gembalaan Menuju Padang Rumput Melewati Pinggir Pantai.

Selain sebagai nelayan, warga di sekitar pantai ada juga yang berprofesi sebagai peternak kerbau. Sobat bisa melihat warga yang melintasi pantai menggiring kerbau-kerbaunya menuju padang rumput. Biasanya mereka akan berangkat sekitar jam 10 pagi dan pulang sekitar jam 5 sore. Banyak wisatawan yang tidak melwatkan pemandangan eksotis ini dengan mengabadikannya melalui jepretan kamera. Jika kamu berminat, kamu bisa merayu warga agar diizinkan mencoba menaiki punggung kerbau. Rayulah dengan menawarkan rokok kepada bapak penggembala, semoga saja dia mau.

pantai selong belanak rekomendasi wisata lombok lombokbook
Gembala Kerbau di Selong Belanak (flicker.com)

Ombaknya Sangat Bagus Untuk Surfing

Pantai Selong Belanak memiliki ombak yang bagus untuk surfing. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini untuk mencoba berdiri di atas ombaknya dengan papan surfing. Di pinggir pantai tersedia tempat penyewaan papan surfing dengan harga yang terjangkau. Ombak Selong Belanak juga cocok untuk pemula belajar surfing. Ada juga wisatawan yang mengajari anaknya bermain surfing di pantai ini. Ombaknya cukup aman asalkan dalam pengawasan orang yang ahli dan tentu saja kamu harus bisa berenang.

Menikmati Ikan Hasil Tangkapan Nelayan

Penduduk Selong Belanak kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Sebagian hasil tangkapan melaut dijajakan di pinggir pantai. Terdapat beragam jenis ikan smpai gurita juga ada. Ikan-ikan yang ditawarkan oleh ibu-ibu di pinggir pantai tidak langsung diolah untuk siap santap. Ibu-ibu tersebut hanya mengasapi ikan-ikan agar bisa dibawa pulang oleh pengunjung. Jika ingin langsung menikmati ikan, pengunjung bisa mampir di warung-warung makan warga yang berada di sekitar pantai. Soal harga jangan khawatir-sangat murah dan pas di kantong.

pantai selong belanak destinasi wisata lombok lombokbook
Nelayan selong Belanak

Lokasi

Pantai ini berada di desa Selong Belanak, kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Jarak dari Bandara Internasional Lombok sekitar 30 menit perjalanan, sedangkan dari Mataram sekitar 1,5 jam. Jalan ketika mendekati lokasi pntai cukup membuat tegang dengan turunak yang lumayan panjang. Tetapi pemandangan dari atas kejauhan jalan raya sungguh sangat indah. Pengunjung bisa masuk sebentar di sebuah bukit yang biasa dijadikan spot foto dengan latar pantai dan deretan bukit yang berada di bawah. Angkutan umum menuju lokasi ini masih sangat jarang. Pilihan yang bagus adalah menyewa mobil atau motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *