Pantai Pink, Pantai Eksotik Berwarna Pink Spot favorit Baru Wisata Lombok

Penduduk lokal menyebutnya pantai Tangsi. Tangsi artinya barak. Dinamakan demikian karena dahulu ketika perang dunia ke dua, pasukan Jepang menjadikan pantai tangsi sebagai barak mereka. Terbukti dengan adanya trowongan dan meriam peninggalan Jepang dekat pantai. Selain Tangsi, pantai ini juga punya nama lain, yaitu pantai Pink. Nama tersebut banyak diberikan wisatawan karena melihat pasirnya yang diterpa matahari pagi bewarna pink.

wisata pantai pink lombok
                                                                                                     Pantai Pink Lombok

Lokasinya memang tersembunyi. Untuk sampai ke sana kita harus menembus hutan sekaroh dengan jalan yang belum baik. Meskipun kondisi jalannya seperti itu, masih banyak saja wisatawan yang antusias pergi ke pantai tangsi ini. Pemandangan yang disajikan memang bisa langsung menghapus lelah perjalanan.

Pantainya Berwarna Pink

Laut di sekitar pantai pink memiliki aneka ragam jenis biota laut. Selain berbagai jenis ikan, beberapa di antaranya lagi adalah koral. Koral dan spons laut yang berwarna merah ini terkikis dn bercampur dengan pasir sehingga membuat warnanya terlihat kemerahan. Warna pink akan terlihat dengan jelas ketika diterpa sinar matahari pagi dan sore. Warna pink terlihat mencolok di bagian pasir yang digenangi air laut yang jernih. Sobat harus mencoba berjalan-jalan menyusuri pinggir pantai sampai ke pinggir tebing karang untuk melihat pemandangannya yang sangat indah.

Pantai Pink Diapit Dua Bukit dengan Tebing Memukau

Pantai pink di apit oleh dua bukit di kanan kirinya. Sobat bisa memilih bukit mana yang akan di jelajah. Bukit karang dengan tebing-tebingnya yang unik menjorok ke tengah laut merupakan tempat yang sayang untuk dilewatkan. Bukit di sisi kiri  terdapat bolongan yang menembus di bawah bukit, sangat unik. Bolognan itu mungkin terbentuk karena terkikis oleh ombak. Sobat bisa berjalan di atas bukit melewati bolongan di bawahnya dan berdiri di ujung bukit. Minta lah teman untuk mengambil foto dari tempat yang agak jauh. Sobat akan mendapatkan pemandangan eksotis.

pantai pink wisata lombok
                                                                                Tebing Sebelah Timur Pantai Pink

Melihat Peninggalan Pasukan Jepang Berupa Trowongan dan Meriam

Pasukan Jepang menjadikan pantai ini sebagai barak mereka pada perang dunia  ke dua. Mereka membuat sebuah trowongan yang memiliki panjang sekitar seratus meter. Trowongan tersebut ditutup oleh pagar besi yang tidak terkunci. Jadi sobat masih tetap bisa masuk ke sana. Kondisi di dalam sangat gelap, tidak ada penerangnan. Kalau sobat ingin memasukinya harus bawa penenrangan sendiri, minimal cahaya dari HP.

Selain trowongan tadi, sebuah meriam peninggalan Jepang juga dapat di temukan di atas bukit dekat trowongan. Meriam tersebut teronggok menghadap laut. Banyak wisatawan yang berfoto narsis di sini. Selain pantai yang sangat keren, sobat sekaligus bisa mengetahui sedikit sejarah pendudukan Jepang di Indonesia.

Goa Barak Peninggalan jepang di pantai pink wisata lombok
Goa Peninggalan Jepang

Lokasi

Lokasi pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Tak ada angkutan umum yang menuju ke sini karena lokasinya yang berada di balik hutan yang masih sepi. Satu-satunya pilihan yaitu menyewa mobil atau motor dari kota. Waktu tempuh dari kota mataram sekitar 2,5 jam. Di sarankan pergi ke pantai ini ketika cuaca cerah karena ketika hujan kondisi jalan yang rusak akan semakin menyulitkan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *