Monumen Putri Mandalika di Tempat Wisata Pantai Seger Lombok

Kesan yang akan kita dapatkan ketika pertama kali datang ke pantai ini adalah “Purba, eksotik”, apalagi ketika musim kemarau, seperti melihat setting filem dinosaurus. Perbukitan coklat yang mengapit pantai dengan bebatuan tua menambah kesan purba.

Monumen Putri Mandalika

Selain menyimpan keindahan alam, Pantai Seger juga menyimpan sebuah legenda tentang seorang putri cantik yang diperbutkan oleh banyak pangeran. Para pangeran rela berkorban bahkan sampai siap berperang. Sang putri menjadi risau dan tak ingin rakyat menjadi korban ambisi para pangeran. Akhirnya sang putri membuat sebuah keputusan. Dia menyeburkan dirinya ke tengah laut dan berpesan bahwa dirinya akan selalu kembali sekali setahun dalam bentuk cacing laut yang bisa ditangkap dan dikonsumsi masyarakat. Cacing tersebut oleh masyarakat sasak disebut dengan cacing nyale. Karena itu putri mandalika juga sering disebut putri nyale.

Cerita putri mandalika tersebut diabadikan dalam sebuah monument berupa patung seorang putri yang siap menyeburkan diri ke laut dengan tiga orang pangeran yang berjongkok di belakangnya.

tempat wisata pantai seger lombok
                                        Monumen Putri Mandalika, Wisata Pantai Seger Lombok (www.thelangkahtravel.com)

Festival Bau Nyale

Masih dengan legend putri mandalika, setiap tahun masyarakat Lombok masih merayakannya. Mereka sejak malam berkumpul di pinggir mantai menanti fajar untuk menangkap cacing laut yang disebut nyale. Bentunya lebih kecil panjang dan berwarna-warni, umumnya berwarna hijau, dan coklat kemerahan.

Acara menangkap cacing dijadikan festifal yang puncaknya diadakan di pantai Seger. Festifal biasanya dimeriahkan dengan banyak rangkaian acara selama sepekan. Sobat bisa melihat banyak budaya suku sasak pada festifal ini. Budaya yang wajib ditampilkan pada festifal ini adalah presean dan gendang beleq. Presean adalah pertarungan antara dua orang pemuda menggunakan tongkat rotan untuk memukul dan sebuah perisai dari kulit kerbau untuk menangkis pukulan.

Trekking Bukit Seger

Tempat yang paling menarik untuk menyapu pemandangan Pantai Seger yaitu di Bukit Seger. Dari atas bukit, sobat akan melihat pemandangan yang menakjubkan. Pantai yang dikelilingi perbukitan, batu karang, jembatan bambu tempt berselfie serta pasir pantai putih yang halus. Pada musim hujan, bukit akan dipenuhi rumput hijau. Berfoto disini tentu sangat unik. Perbukitan hijau dengan latar pantai yang eksotik sangat instagramable.

wisata pantai seger lombok lombokbook
                                                                                   Kawasan Pantai Seger Lombok (flicker.com)

 Lokasi

Lokasi pantai ini berda di sebelah timur pntai kute sebelum Pantai Aan, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok menuju pantai ini. Banyak terdapat Home Stay di sekitar pantai dan hotel yang biasanya dijadikan tempat menginap adalah Novotel yang masih dalam kawasan pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *