MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST

MEMBANGUN WEBSITE WORDPRESS DI LOCALHOST

Membangun website wordpress di localhost tidak sesulit yang dibayangkan. Kita tidak perlu menuliskan kode-kode PHP dan HTML. Cukup klik dan melakukan beberapa pengaturan karena wordpress merupakan CMS yang sudah bisa langsung digunakan.

Aplikasi yang Diperlukan Untuk Membangun Website WordPress di Localhost

Ada tiga aplikasi yang perlu dipersiapkan untuk membangun website platform wordpress yaitu browser (bisa mozilla firefox), xampp, dan older master WordPress. Fungsi dari ketiga aplikasi itu adalah sebagai berikut:

  • Browser: untuk menampilkan dan berinteraksi dengan website wordpress yang akan dibangun.
  • Xampp: Xamp digunakan untuk membangun database website.
  • Folder master WordPress: Berisi file-file CMS wordpress. Folder master wordpress bisa di download di wordpress.com. Filenya berbentuk zip.

Langkah-Langkah Membangun Website dengan CMS WordPress

  1. Install Xampp

Langakah pertama yang dilakukan adalah menginstall xampp

  1. Persiapkan Folder Master WordPress.

Klik kanan file Master WordPress lalu pilih ekstrak files

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 1

Selanjutnya akan terlihat tampilan berikut, pilih folder tempat kita menaruh hasil ekstrak file master wordpress. Foldernya yaitu Local Disk (C:) => Xampp => htdocs. Setelah memilih folder htdocs, klik OK.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 2

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah. File master wordpress akan di ekstrak dan telah dipindahkan ke Local Disk (C:) => Xampp => htdocs.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 3

Folder Wordpres yang sudah diekstrak kita ganti namanya sesuai nama wbsite kita. Dalam Hal ini kita akan membuat website dengan nama “penasantri”.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 4

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 5

  1. Persiapkan database di localhost php myadmin

Buka browser Mozilla firefox atau google chroom lalu ketikkan http://localhost/phpmyadmin/

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 6

Setelah masuk ke link tadi, selanjutnya kita buatkan databasenya dengan mengklik database seperti gambar di bawah ini.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 7

Isi nama database sesuai dengan nama website kita yang ada di folder Local Disk (C:) => Xampp => htdocs (nama folder wordpress yang sudah di-rename di atas). Setelah mengetikkan nama database selanjutnya kita klik creat untuk membuat database.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 7

Sekarang kita sudah membuat database dengan nama penasantri

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 9

Langkah selanjutnya adalah membuka tab baru dan mengetikkan localhost/(nama website), karena nama website kita adalah pena santri, maka ketikkan localhost/penasantri lalu enter.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 10

Setelah mengetikkan alamat website, maka akan diterlihat tampilan seperti di bawah ini. Klik tombol Lets go! Untuk melanjutkan.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 11

Selanjutnya kita masukkan Database Name dengan nama database kita yaitu penasantri, Username dengan root, passwordnya dikosongkan dan Database Host dan Table Prefixnya dibiarkan saja lalu pilih tombol submit.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 12

Setelah mengkilk tombol submit, maka akan muncul tampilan di bawah ini. Kita klik tombol Run the Installation.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 13

Setelah Run the installation dipilih maka akan muncul tampilan di bawah ini. Isi Site Title dengan Judul Website anda, dalam hal ini kita memilih nama Pena Santri. Isi username dengan nama kalian, kita ibaratkan namanya santri. Isi password dengan kombinasi huruf angka dan symbol supaya kuat. Isi Kolom Your email dengan alamat email kalian. Pada bagian Search Engine Visiility, jangan pernah centang pilihan “Discourge search engine form indexing the site it is up to search enginers to honor this request”. Kalau kalian mencentang ini, maka website kalian tidak bisa ditampilkan di mesin pencari. Terakhir pilih tombol Install WordPress.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 14

Terakhir silahkan login menggunakan username dan password yang sudah kita buat tadi. Username isi dengan santri dan password dengan “santrigmc2017”.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 15

Setiap kalian mau login ke website, maka kalian ketikan localhost/namawebsite/wp-admin. Karena nama website kita adalah pena santri maka ketikkan “localhost/penasantri/wp-admin/” lalu tekan enter dan lakukan login seperti tadi.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 16

Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan dashboard seperti di bawah. Dashboard adalah halam yang ditampilkan wordpress bagi admin agar mudah mengelola websitenya.

MEMBANGUN WEBSITE PLATFORM WORDPRESS DI LOCALHOST gambar 16

Materi pelajaran membangun website wordpress di localhost telah sampai pada tahap instalasi wordpress. Selanjutnya kita akan mempelajari cara install tema dan plugin. Selemat Bertemu Di Pertemuan Berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *