Melarung Penat di Pantai Mawun

Melakukan suatu hal yang sama setiap hari rasanya seperti sedang memperuncing rasa bosan. Itulah yang kami lakukan setiap hari sebagai tim inputer. Tiap detik memfokuskan perhatian pada format angka dan huruf yang itu-itu saja. Kami lakukan itu setiap hari karena harus mengejar target, tak terkecuali hari minggu. Membosankan tentu saja. Dan hari ini kami ingin membuang jemu ke Pantai Mawun Lombok Tengah.

Kami sepakat berkumpul di depan Gerbang Bandara Internasional Lombok dan memulai perjalanan dari sana. Ada dua jalur untuk menuju Pantai Mawun. Kita bisa memilih melewati jalur pantai Kuta dengan memilih jalan ke kanan ketika sudah sampai di bundaran dekat pantai Kuta, nanti ada papan penunjuk jalan menuju Mawun. Pilihan kedua adalah melewati jalur pantai Selong Belanak dengan memilih jalur ke kiri ketika sampai pertigaan dekat pantai Selong Belanak. Sebenarnya pantai-pantai ini berada di deretan pantai selatan sehingga bisa kita eksplore sekalian dengan datang dari arah Pantai Kuta dan pulang melewati Pantai Selong Belanak atau pun sebaliknya.

Menunggu Personel di Depan Gerbang Bandara Internasional Lombok
Menunggu Personel di Depan Gerbang Bandara Internasional Lombok

 

Pantai Mawun lokasinya berada di tengah-tengah antara pantai Kuta Mandalika dengan pantai Selong Belanak. Susananya relatif lebih tenang karena pengunjungnya tidak seramai dua pantai tersebut. Tidak ada penginapan di sekitar pantai Mawun. Wisatawan yang ingin bermalam bisa menemukan penginapan di sekitar Pantai Kuta dan Selong Belanak.

Melewati Wisata Desa Tradisional Sade
Melewati Desa Tradisional Sade

Kita akan melewati deretan perbukitan untuk menuju destinasi wisata Lombok satu ini. Sesekali kita bisa melihat penduduk desa sedang menuntun kerbau dan sapi gembalaan di tepi jalan. Di beberapa titik terlihat bapak-bapak sedang menyaring tanah dengan mesin, sepertinya itu adalah tambang rakyat.

Lokasi pantai ini memang cukup jauh dari pusat wisata, namun fasilitas umumnya sudah memadai. Lahan parkirnya sudah tertata rapi dengan petugas parkir yang baik. Pengalaman saya kemarin, saya lupa mencabut kunci motor setelah membuka jok untuk menaruh barang. Berjam-jam saya tinggalkan kunci motor dan Alhamdulillah ketika balik bapak penjaga parkir sudah mengamankannya dan menyerahkan ke saya ketika balik.

Pantai Mawun Lombok Tengah Sudah Punya Fasilitas Lengkap

Fasilitas lainnya sudah ada beberapa kamar mandi disertai toilet untuk wisatawan yang ingin membilas tubuh setelah berenang. Sebuah musolla yang cukup besar berada di sebelah kanan kamar mandi. Keberadaan Musolla ini mempermudah muslim beribadah dan tidak perlu khawatir ibadahnya akan terlewat, sesuailah dengan jargon Lombok sebagai destinasi wisata ramah muslim atau wisata halal.

Gazebo Wisata Lombok Tengah Pantai Mawun
Gazebo Pantai Mawun

Suasana pantai menjadi lebih rindang dengan beberapa gazebo di pinggir pantai. Wisatawan yang ingin berjemur juga sudah disediakan dipan di tepi pantai. Bayar tentu saja J. Dan tak kalah penting adalah beberapa warung yang menawarkan kelapa muda segar, dan juga rumah makan dengan berbagai menu khas Lombok.

Tak perlu khawatir lah untuk berwisata ke pantai Mawun. Mau beribadah mudah, ke toilet mudah, kalau lapar warung makan dekat, dan juga parkirnya aman dengan tariff hanya Rp.5000 sudah termasuk tiket masuk ke pantai.

Surga Tersembunyi di Pantai Selatan Lombok

Bagaimana dengan pemandangannya? Pantai ini memang menjadi salah satu surga tersembunyi di pantai selatan Lombok dan menjadi andalan pariwisata Lombok Tengah. Pantai berpasir putih ini diapit oleh dua bukit eksotis dan indah di kanan kiri kirinya. Air pantainya berwarna hijau toska. Warna khas ketenangan.

Kami tiba di pantai pukul 10.30 dan langsung nyebur membersihkan daki-daki data sisa inputan yang masih menempel di kepala. Kami biarkan data-data tersebut hanyut di telan ombak. Lebai? Biarin.

Pantai Mawun Lombok Tengah cukup luas, kami bisa bermain sepak bola di sana. O ya, penduduk sekitar sana juga menawarkan jasa menikmati laut menggunakan kapal. Kami lebih memilih menghabiskan waktu dengan mengobrol di warung sambil menikmati kelapa muda, kopi dan hidangan khas Lombok.

Warung Makan untuk Traveler Wisata Pantai Mawun Lombok Tengah
Warung Makan untuk Traveler Pantai Mawun

Pantai ini menjadi rekomendasi untuk sobat yang ingin melepas penat dan menenangkan diri. Pergi ke pantai ini pada musin kemarau kita akan melewati perbukitan coklat dengan suasana purba. Coba saja ke pantai Mawun Lombok Tengah pas musim kemarau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *