Gili Nanggu

Gili Nanggu merupakan salah satu pulau kecil diantara beberapa pulau yang ada di daerah Sekotong, Lombok Barat. Pulaunya tidak terlalu besar. Sobat bisa mengelilingi pulau hanya dengan berjalan kaki. Kamu akan merasakan suasana yang tenang di sini. Pulau ini memang tidak ramai didatangi pengunjung.

gili nanggu tempat wisata dan liburan lombok lombokbook
                                                                                                        Gili Nanggu(flicker.com)

Gili Nanggu Memiliki Spot Snorkeling yang Dipenuhi Aneka Terumbu Karang dan Ikan.

Kekayaan biota laut di Gili Nanggu sangat beraneka ragam. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat snorkeling. Berbagai jenis terumbu karang mulai tumbuh di dalam laut yang masih dangkal sampai di kedalaman. Masuk ke dalamair yang setinggi lutut saja, kita sudah bisa menemui terumbu karang, apalagi di tempat yang lebih dalam, semakin banya terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di sana.

Berhati-hatilah ketika memasuki air, jangan sampai menginjak terumbu karang yang hidup di tempat yang dangkal. Berenanglah mulai dari pinggir agar kekayaan alam bawah laut ini tidak kita injak. Beberapa terumbu karang ada yang terlihat rusak dan pecah, kemungkinan karena terinjak oleh manusia. Sobat yang tidak bisa berenang wajib hukumnya memakai pelampung untuk menghindari rusaknya terumbu karang selain untuk safety juga.

Bawalah Remah Roti Ke Dalam Air Agar Ikan-Ikan Mengerubutimu

Cobalah menyelam lalu tebarkan remah roti ke sekelilingmu, ikan-ikan akan semakin banyak mengerubutimu. Ikan-ikan sangat menyukai remah roti. Sepertinya ikan-ikan itu sudah biasa dengan roti yang dibawa pengunjung. Jangan lupa pakai kaca mata renang agar kamu bisa melihat warna-warni ikan dan terumbu karang yang mempesona.

gili nanggu tempat wisata dan liburan lombok lombokbook
                                                     Ikan dan Trumbu Karang Sekitar Gili Nangguta (flicker.com)

 

Suasana Pulau Sangat Rindang dengan Pohon-Pohon Besar yang Menaungi

Suasana pantai Gili Nanggu memang sangat cocok untuk bersantai dan memisahkan sejenak diri dari keramaian. Selain area pinggir pantai, Gili Nanggu ditutupi oleh rerimbunan pepohonan. Terdapat area berpasir dipinggir pulau yang cukup luas dengan dengan dikelilingi pepohonan yang membuat teduh sangat asyik dijadikan tempat bermain futsal pantai.

Melihat Penangkarn Penyu

Gili Nanggu memiliki tempat penangkaran penyu. Ada beberpa kolam tempat menampung bayi-bayi penyu. Penyu-penyu tersebut diletakkan pada kolam yang berbeda sesuai dengan umur dan ukurannya. Sangat beruntung jika kita datang ketika penyu-penyu ini dilepaskan ke laut bebs.

Terdapat Satu Penginapan Sehingga Pulau Tidak Akan Dipadati Banyak Pengunjung

Suasana sepi seperti ini sangat cocok untuk pasangan pengantin yang ingin berbulan madu. Pasangan pengatin bisa menikmati kebersamaan di tengah keindahan alam yang luar biasa. Penginapannya berbentuk bangunan lumbung khas masyarakat sasak yang menambah kesan romantis. Apalagi menjelang senja dengan sunset di pinggir pantai yang damai.

Bungalo tempat penginapan di wisata alam gili nanggu lombok
                                                                                               Bungalo di Gili Nanggu (flicker.com)

Menelusuri Jalan Setapak Memasuki Hutan dan Melihat Pemandangan dari Ketinggian

Sobat juga bisa masuk ke hutan kecil menyusuri jalan setapaknya. Di dalamnya terdpat pohon-pohon yang berbaris sejajar memanjang. Tempat ini cocok sekali kan buat foto-foto. Subat juga bisa menaiki anak tangga untuk menaiki ketinggian dan melihat pemandangandari sana. Dari atas batu karang sobat bisa melihat deburan ombak, karang pantai dan terumbu karang dan rumah keong laut yang berserakan di bibir pantai.

Lokasi

Gili Nanggu terletak di Desa Sekotong barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Waktu tempuh dari mataram menuju Gili Nanggu kurang lebih selama 2 Jam. Untuk menuju tempat ini dari Kota mataram, sobat akan melewati Gerung, Lembar, Lalu menuju Pelabuhan Sekotong. Dari sana Sobat bisa menyewa boat. Harganya sekitar Rp.400.000, silahkan sobat tawar lagi untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Jika sudah deal, sobat akan di antar jemput ke gili dengan. Sobat juga bisa pergi ke pemukiman warga yang menjadi nelayanuntuk menyewa kapal sampai ke Gili. Namun, menyewa ke nelayan tidak dilengkapi perlengkapan safety. Kalau dari pelabuhan resminya, teman-teman akan dilengkapi perlengkapan pelampung dan perlengkapan snorkel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *