Desert Point Pantai Bangko-Bangko Lokasi Surfing Paling Menantang di Lombok

Pantai Bangko-bangko terkenal dengan ombak yang menantang para peselancar untuk menjajalnya. Wisatawan mengenal pantai Bangko-Bangko sebagai Disert Point. Tak heran tempat wisata Lombok satu ini menjadi magnet para peselancar, bahkan International surfing Association memasukkan pantai ini pada posisi ke enam dalam “Sepuluh Pantai Tujuan Surfing dengan Ombak Terganas.” Predikat ini tentu semakin membuat penasaran para pecinta surfing.

Desert Point Pantai Bngko-Bangko.

Keistimewaan ombak pantai Bangko-Bangko adalah karena memiliki ombak kiri yang bagus. Gulungan ombaknya bisa memanjang hingga 300 meter. Waktu terbaik yang direkomendasikan untuk mendapatkan ombak terbaik di Desert Ponit Bangko-Bangko adalah pada bulan Mei hingga Oktober. Buat sobat yang punya hobi surfing, silahkan mencatat pantai Bangko-bangko di bucket list anda. Pantai lain yang bisa dijadikan tempt surfing di lombok yaitu Pantai Gerupuk dan Pantai Selong Belanak.

Gulungan Ombak Membentuk Dining yang Memanjang di Desert Point Bangko-Bangko

Selain terkenal dengan tempat berselancar, di pantai Bangko-bangko juga kaya dengan hasil tangkapan lautnya. Anda bisa menjumpai kampung nelayan di sekitar pantai dan mencoba ikan segar hasil tangkapannya. Pada musim tangkap ikan sobat bisa mendapatkan tongkol segar dengan harga terjangkau.

Hobi mancing ikan? Tempat ini juga cocok untuk menangkap ikan. Ikan di kawasan bangko-bangko melimpah. Nelayan menangkap ikan masih dengan menggunakan cara-cara tradisonal sehingga kelestarian alam juga terjaga. Sobat yang ingin memancing bisa menyewa kapal nelayan. Siapkan pancing dan stamina untuk menarik ikan-ikan yang besar.

Pantai Bangko-Bnagko memiliki pasir putih. Di pinggir pantai mudah ditemui bebatuan kecil brwarna putih dan kecoklatan. Pemandangannya juga tak kalah indah dengan pantai yang lain. Dari pantai ini sobat juga bisa melihat sunset. Kalian bisa menemukan perbukitan di sekitarnya. Kalian bisa berjalan-jalan menikmati pemandangannya aplagi di sekitarnya juga terdapat hutan mangrove. Alam Bangko-bangko memang belum banyak dijamah aktivitas berlebihan manusia. Jadi masih sangat alami.

Pemandangan Sunset di Pantai Bangko-Bangko

Lokasi Pantai Bangko-Bangko terletak di Desa Batu Putih, Sekotong Barat, Lombok Barat. Kalau dilihat di peta pantai ini berada di ekor pulau, sebelah barat daya pulau Lombok. Jarak tempuh dari Kota Mataram sekitar 70 Km atau sekitar 2 jam perjalanan. Kondisi jalan sudah bagus, meskipun ada beberapa titik ketika memasuki kawasan bangko-bangko yang sedikit berkelok dan bergelombang.

Meskipun lokasinya jauh dari kota, kalian tidak perlu khawatir masalah penginapan. Terdapat banyak penginapan meskipun masih sederhana. Aplagi ketika memasuki bulan-bulan berburu ombak untuk surfing, para wisatawan dari mancanegara ramai menyerbu pantai ini.

Cara menuju ke tempat ini yang paling mudah adalah dengan menyewa kendaraan motor dari kota mataram karena jarang kendaraan umum yang sampai ke tempat ini. Dari kota mataram menuju jalan lingkar selatan lurus menuju Gerung. Dari bundaran Gerung lalu belok ke kanan searah pelabuhan Lembar. Nanti kalian akan menemukan pertigaan di mana jalan sebelah kanan menuju pelabuhan lembar sedangkan kalau lurus menuju daerah sekotong. Penunjuk jalan sudah banyak ditemui di sini. Sepanjang jalan kalian akan disuguhi pemandangan pesisir pantai. Dari kejauhan juga terlihat kesibukan Pelabuhan Lembar dengan deretan kapal yang mengatri untuk bongkar muat. Selamat Berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *