Tempat Wisata Lombok Air Terjun Benang Setokel

Air terjun Benang Setokel berada di sebelah bawah air terjun Benang Kelambu. Setelah memarkir kendaraan di pintu masuk, sobat bisa langsung menulusri jalan setapak menembus hutan menuju air terjun ini. Hutannya sangat rimbun. Di beberapa titik kita akan melewati jalan setapak dengan jurang yang dibawahnya terdapat aliran sungai yang jernih. Kita tidak menemukan tangga di jalur ini. Kita hanya akan melewati jalan setapak yang naik turun.

air terjun benang setokel. lombokbook
wisata air terjun benang setokel, aik berik, lombok tengah. lombokbook

(www.flickr.com)

Sepanjang Perjalanan Sobat Akan Disambut Banyak Monyet dan Kera

Banyak sekali monyet-monyet yang berkeliaran sepanjang jalan. ada juga yang bergelantungan di atas pepohonan. Hutan menuju air terjun ini memang masih terjaga. Pepohonan kanan kirinya sangat lebat. Jika Beruntung kamu beruntung kamu bisa menjumpai kera-kera yang bergelantungan melompat dari satu pohon ke pohon lainnya sedang berebut makanan. Mereka akan berteriak-teriak rebut, seru sekali.

Adua Dua Titik Sumber Air yang Besar dan Satu yang Kecil

Air yang mengalir di Benang Setokel tidak menyebar membentuk tirai seperti di Benang Kelambu. Bentuknya menyatu seperti segumpal benang yang sedang dijulurkan ke bawah. Begitulah bayangan Masyarakat setempat sehingga air terjun ini mendapat Nama Benang Setokel dari bahasa sasak yang artinya segumpal benang. Terdapat tiga titik air di air terjun ini. Satu yang debit airnya paling kecil terdapat di sebelah kanan. Dua lagi di tengah dan sebelah kiri mengeluarkan debit air yang besar yang jatuh ke kolam penampungan.

Aktifitas yang dilakukan disana bisa berendam dikolam yang setinggi pinggang orang dewasa sambil menikmati guyuran air terjun. Kalau mau main air di sini jangan terlalu seru. Bisa-bisa pasir yang bercampur tanah dibawahnya dapat membuat air kolam keruh.

benang setokel lombokbook
air terjun benang setokel

(https://www.flickr.com/photos/ndoetz/4680831901/)

Legenda Dewi Dari Gunung Rinjani Membasuh Rambutnya Di Air Terjun Benang Setokel

Beredar cerita bahwa dewi dari gunung Rinjani sering turun ke air terjun ini untuk membasuh rambutnya. Entahlah itu benar atau tidak.

Area di sekitar air terjun cukup luas dengan beberapa gazebo untuk kumpul bersama kawan-kawan. Sobat juga bisa melakukan game outdor ringan di sini.

Lokasi

Lokasi air terjun ini berada di desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Perjalanan sekitar 45 menit dairi Kota Mataram melewati narmada, tarataq, lalu menuju desa Aiq Beriq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *