Air Terjun Benang Kelambu

Lombok Tengah tidak hanya melulu dengan deretan pantai selatan yang eksotis. Di Lombok tengah juga terdpat dua air terjun yang sudah terkenal, yaitu Air terjun Benang Kelambu dan air terjun Benang Setokel. Air terjun ini mengalir di hutan kaki Gunung Rinjani sebelah selatan.

Ada dua pilihan rute menuju ke air terjun. Pertama menuju Air terjun benang kelambu terlebih dahulu baru dilanjutkan ke air terjun benang setokel. Atau kedua dari Benang Setokel baru dilanjutkan ke Benang Kelambu.

Menuju Air Terjun Melewati Perkebunan dan Ratusan Anak Tangga

Menuju air terjun Benang Kelambu dari gerbang masuk, sobat akan melalui jalan setapak yang cukup lebar melewati perkebunan warga sekitar 20 menit. Jika tak ingin berjalan terlalu lama, sobat bisa menggunakan motor dan parkir di pos pemberhentian. Dari sini sobat akan mulai berjalan menuruni anak tangga yang berjejer rapi. Ratusan anak tangga yang mengular diselimuti rimbunnya hutan terlihat sangat menakjubkan. Dari atas tangga suara air terjun sudah terdengar. Pemandangan air terrjun pun sudah bisa di lihat setelah menempuh setengah perjalanan.

Bentuk Air terjun Membentuk Tira dengan Air Lembut dan Tipis

Air terjun ini terlihat bertingkat dengan beberapa titik sumber air. Uniknya, air yang mengalir melalui tumbuhan-tumbuhan merambat di atas tebing sehingga membentuk tirai air dengan aliran yang lembut. Ada jalan yang bisa sobat lalui di balik tirai air sehingga sobat bisa mencoba segarnya air dari titik satu ke titik yang lain.

Terdapat Kolam Penampungan Air yang Bisa Digunakan untuk Berenang

Air terjun yang jatuh di bebeatuan merambat melalui celah-celah batu menuju aliran sungai. warga setempat sengaja membendung aliran air dengan membuat kolam penampungan yang bisa digunakan untuk berenang. Air terjun yang terus mengalir ke dalam kolam membuat air meluber keluar dari bibir kolam dan jatuh lagi menuju bebatuan di bawahnya dan terlihat seperti air terjun yang baru. Sangat cantik untuk difoto dari kejauhan pemandangan yang akan sobat dapatkan adalah aliran air berlapis-lapis mulai dari atas tebing hingga ke kolam. Sobat juga bisa duduk-duduk di atas kolam sambil merendam kaki merasakan dinginnya air terjun.

Sebuah Musolla di Dekat Kolam Untuk Beribadah

Tak jauh dari kolam terdapat sebuah musolla yang sengaja dibangun agar wisatawan merasa nyaman dan tidak lupa untuk menunaikan kewajiban solat ketika berwisata. Hal ini sejalan dengan program yang sedang dikembangkan dunia pariwisata NTB yaitu Halal Tourism. Jadi wisatawan tak perlu khawatir lagi ibadahnya tertinggal karena fasilitas yang disediakan semakin memudahkan.

Lokasi

Lokasi Air terjun Benan Kelambu berada di Desa Aiq Beriq Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Waktu tempuh dari Bandara internasional Lombok sekitar 45 menit melalui Kota Praya. Bisa juga ditempuh dari Kota Mataram Menuju Narmada, Teratak, lalu ke Desa Aiq Beriq. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Sudah ada papan petunjuk jalan. kalau ragu, jangan segan-segan bertanya ke warga sekitar, mereka sangat ramah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *