Pantai Sari Goang Wisata Tersembunyi Lombok

Perhatikan foto di bawah ini, pantai sari goang wisata tersembunyi Lombok.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak
Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak

Apakah sobat melihat cinta di sana? Coba tunjuk yang mana?

Kalau kalian menunjuk orangnya, berarti bukan. Itu foto saya.hee

Berkali-kali Haddar menunjuk ke arah pemandangan ini sambil menyuruhku memperhatikan simbol love di sana. Berkali-kali juga saya gagal menemukannya.

Kesal melihatku tak melihat simbol cinta yang tunjuknya, akhirnya dia arahkan telunjuknya mengitari air laut yang dibatasi pinggir-pinggir batu karang. Sekarang aku baru mengerti, air laut yang sedikit masuk ke daratan dan terjebak oleh deretan karang ini membentuk lambang cinta. Sepertinya saya memang masih kurang peka dengan cinta.

Supaya lebih fokus dan jelas saya fotokan ulang buat kalian.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak
Simbol Cinta di Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak

Bagaimana? Sekarang sobat sudah menemukannya? Alhamdulillah. Kalau belum sepertinya kalian juga sama, kurang peka akan cinta.

Pemandangan di atas adalah wajah cantik Sari Goang. Lokasinya berada di sudut Taman Wisata. Kami sepakat menjadikan Taman Wisata Aalam Gunung Tunak khususnya Sari Goang  sebagai hidangan acara kumpul bareng teman SMA.

Sekedar reuni kecil, kami berangkat berlima ke lokasi ini menggunakan motor. Kumpul di Praya, di rumahnya Haddar. Sudah lama saya tidak maen ke rumahnya, sempat lupa juga harus masuk gang yang mana.

Acara kumpul bareng rutin kami lakukan setiap tahun. Biasanya setiap libur lebaran idul fitri. Tetapi lebaran kemarin dan kemarinnya lagi saya absen hadir. Jadwal bentrok dengan kegiatan lain-Ah, alasan saja!…

Kami berangkat hari sabtu kemarin, 9 September, bukan hari libur, jadinya yang bisa ikut Cuma sedikit. Berlima cukuplah. Yang penting hidangannya nikmat, pemandangan kawasan Gunung Tunak.

Mengambil rute dari kota Praya menuju mujur menjemput Wawan yang akan menjadi guide kami. Dari mujur lalu melewati desa kidang dan marong, sampai di teluk awang. Dari sana banyak petunjuk arah untuk menuju lokasi TWA Gunung Tunak, ikuti saja papan penunjuk arahnya.

Gapura yang besar menandakan kalian sudah memasuki Hutang Gunung Tunak. Di samping pintu gerbang ini sedang dibangun gedung pusat informasi.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak
Gerbang Masuk Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Telusuri terus jalan tak beraspal ini sampai di pos pembayaran karcis masuk. Biaya masuk untuk pengunjung lokal hanya Rp.5000. Sampai di sini kami istirahat sejenak sambil menunggu waktu zuhur yang beberapa menit lagi. Fasilitas di sini cukup memadai, ada toilet, dengan tempat solat berupa berugaq besar. Kalau mau solat atau mau kebelet pipis, kebelet saja di sini. Kalian tak akan menemukan toilet di hutan depan sana. pantai sari goang wisata tersembunyi Lombok masih minim fasilitas.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak
Gazebo Parkiran Wisata Alam Gunung Tunak

Fokus ke gazebonnya, jangan ke orangnya. Papan yang dia pegang hanya hoax belaka.Di seberang jalan depan gazebo sedang dibangun sebuah taman. Kata penjaga pintu masuk, yang membuat adalah investor dari Korea.

Kita bisa membawa masuk kendaraan kita, lokasi pantainya masih lumayan jauh, jadi harus pakai motor. Semakin mendekati pantai kondisi jalan semakin menantang. Kalau kalian datang waktu musim hujan sebaiknya menggunakan motor untuk offroad saja.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak
Jalan Tak Beraspal di Dalam Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak

Sedikit gambaran jalan menuju pantainya. Di beberapa titik kondisinya ada yang lebih menantang. Kondisi jalan seperti ini tak kan menjadi persoalan berarti setelah sampai di pinggir pantainya. Buktikan saja. Parkir motor kalian di bawah pepohonan hutan dataran rendah lalu naikilah bukitnya atau masuk ke hutannya. Pemandangannya Subhanallah.

Ada sebuah tower pemantau yang tinggi berdiri kokoh di atas bukit pinggir pantai. Kalian bisa menyapu pemandangan pantai dengan perbukitan dan tebing-tebingnya. Kami sudah bertekad menuju Sari Goang terlebih dahulu. Petunjuk  dari petugas tiket tadi bilang kalau kami akan keluar masuk hutan empat kali. Perjalanan kurang lebih sekitar satu jam. Di dalam hutan banyak ditumbuhi pohon berduri, jadi hati-hati kena gores. Tetapi begitu keluar dari satu hutan, kalian akan disambut view yang indah.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak Lombok
Hutan Dataran Rendah Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak

 

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak Lombok
Sugul Lendang Tame Gawah, Wisata Alam Gunung Tunak

 

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak Lombok
Di Atas Perbukitan Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Begitu keluar dari hutan ke empat kami tiba di Sari Goang. Hari itu hanya beberapa orang saja yang kami temukan di sana.  Jarang pengunjung yang jalan sampai ke sini. Kebanyakan jalan sampai di bukit tunak dengan ikon towernya.

Sepulang dari Sari Goang, kami menuju Lokasi Tower terlebih dahulu. Bulan perak disamping tower berlatar langit biru bersih tanpa awan. Rasanya langit lebih luas dari biasanya.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak Lombok
Tower di Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Deretan tebing memanjang dihantam gelombang laut Indonesia.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak Lombok
Senja di Tebing Perbukitan Gunung Tunak

Kami Pulang Melewati Teluk Awang. Senja Teluk Awang mengantar kami pulang.

Melewati Senja Teluk Awang Lombok
Senja Teluk Awang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *