100 ++ Rekomendasi Tempat Wisata Lombok Chapter Lombok Tengah

Lombok menjadi surga wisata baru di Indonesia. Tempat wisata Lombok seakan tak terbatas. Selalu ada tempat-tempat baru yang menggoda untuk dikunjungi. Gili gili, pantai, air terjun, Gunung sampai perbukitan, desa tradisional, kota tua, taman, dan banyak lagi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Bagian ini menampilkan 35 tempat wisata di Lombok Tengah. Tempat wisata yang berhasil kami list ini biasa diknjungi wisatawan. Kamu sudah berhasil mengunjungi yang mana saja? Saya sendiri ada beberapa yang belum, semoga bisa jalan bareng besok ya. Banyak pantai di bagian selatan Lombok Tengah maupun air terjun di Bagian utaranya yang masih tersembunyi. Semoga bisa diupdate pada bagian selanjutnya.

Tempat Wisata Lombok Tengah

  1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta memiliki pasir bulat kecil mirip merica. Menjejakkan kaki di pasirnya menimbulkan sensasi geli di kaki. Selain pasirnya yang unik, pemandangan di sekelilingnya juga dihiasi dengan perbukitan yang indah.

kuta lombok lombokbook
Pantai Kuta Lombok

Lokasi  Pantai Kuta Lombok berada di desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Waktu tempuh dari Lombok International Airport adalah sekitar setengah jam. Biaya masuk dan biaya parkirnya Rp.5000.

  1. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak menjadi lokasi yang cocok untuk pecinta surfing. Tidak hanya bagi yang sudah professional, pantai  Lombok satu ini juga menjadi tempat yang pas untuk belajar surfing.  Keunikan pantai Selong Belanak adalah pantainya sangat halus seperti tepung. Selain itu, keunikan lainnya adalah pemandangan penggembala kerbau yang setiap hari melewati pinggir pantai menggiring kerbaunya ke padang gembalaan.

pantai selong belanak rekomendasi wisata lombok lombokbook
Gembala Kerbau di Selong Belanak

Lokasi pantai Selong Belanak berada di desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok yaitu sekitar setengah jaman. Tiket masuk sekaligus parkirnya Rp.10.000.

  1. Pantai Aan

Pantai Aan terletak di sebelah timur pantai kuta. Jaraknya sekitar 2 KM. Bukit karang kecil berada di tengah pantai ini. Pemandangan pantai, laut, dan perbukitan bisa di sapu dari atas bukit ini. Uniknya lagi, pasir di sebelah kiri bukit mempunyai bentuk pasir yang mirip dengan pantai Kuta yang berbentuk bulat merica. Sedangkan sebelah kanan bukit pasirnya mirip dengan pasir pantai Selong Belanak yang halus mirip tepung.

pasir merica Pantai Tanjung Aan wisata lombok lombokbook
Pasir Merica Pantai Tanjung Aan

Pengunjung bisa bermain cano dan juga menikmati laut dengan kapal nelayan. Bagian sebelah barat pantai Tanjung Aan  terdapat ayunan yang pas untuk berfoto. Selain itu terdapat banyak gazebo dan tempat duduk yang bahannya dari batang pohon kelapa yang permukaannya sudah diratakan dengan naungan dari pelepah daun kelapa. Tiket masuk sekaligus biaya parkirnya hanya Rp.5000

  1. Pantai Seger

Pantai Seger sangat erat dengan legenda putri Mandalika. Putri yang diperbutkan oleh banyak pangeran sampai-sampai mereka siap berperang demi memerbutkan sang putri. Putri akhirnya bersemedi dan mendapatkan mimpi untuk menceburkan diri ke laut dan akan berubah menjadi cacing laut yang sangat banyak agar setiap pangeran dan seluruh rakyat bisa mendapatkan bagian dari sang putri.

tempat wisata pantai seger lombok
Monumen Putri Mandalika, Wisata Pantai Seger Lombok

Setiap tahun dirayakan festifal bau nyale yaitu acara menangkap cacing laut atau nyale yang muncul sekali setahun yaitu pada tanggal 20 bulan sepulu penanggalan sasak.

Lokasi pantai Aan ada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah, tidak terlalu jauh dari pantai Kuta yaitu sebelah timur pantai Kuta 1 KM sebelum pantai Aan.

  1. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk dikenal dengan lima titik lokasi untuk surfing. Ombaknya cocok untuk para professional. Peselancar bisa menikmati sensasi surfing di pinggir tebing batu bukit dengan gelombang ombak yang menantang. Peselancar pemula juga bisa berselancar di spot yang tidak terlalu ekstrim dengan bimbingan tutor tentunya.

pantai gerupuk lombok cocok untuk surfing berselancar
Gulungan Ombak yang Menantang untuk Surfing di Pantai Gerupuk

Lokasinya berada di desa Gerupuk, Pujut Lombok Tengah. Pengunjung bisa menginap di penginapan kecil atau rumah warga yang disewa untuk penginapan, atau jika ingin nyaman bisa memilih hotel yang dekat dengan pantai seperti Novotel dekat pantai Seger.

  1. Taman Wisata Alam Bukit Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak memiliki pemandangan yang eksotis. Tebing-tebingnya berdiri seperti tembok yang membatasi air laut sepanjang pantai. Kita bisa menaiki bukit-bukit tersebut dan melihat pantai dari atas tebing. Perbukitannya dipenuhi tumbuhan hutan dataran rendah. Sebuah Tower pemantau berdiri kokoh di atas bukit pinggir tebing yang langsung menghadap ke laut. Sobat bisa mencoba memantau keindahan dari atas tower sana

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak Lombok
Di Atas Perbukitan Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Lokasi gunung tunak berada di Desa Prabu, Pujut, Lombok Tengah. Tempatnya cukup pelosok. Kalau dari kota Praya bisa mengambil rut eke arah Mujur, terus ke desa Kidang dan Marong lalu menuju Teluk Awang. Dari sini lokasinya sudah dekat. Ada sebuah gapura besar yang menandakan pintu gerbang memasuki kawasan TWA Bukit Tunak. Biaya masuk dan parkirnya Rp.5000

  1. Sari Goang

Pantai Sri Goang Lokasinya berada di ujung Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Untuk mencapainya sobat harus keluar masuk hutan dataran rendah sebanyak empat kali.

Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak
Simbol Cinta di Sari Goang Kawasan Wisata Alam Gunung Tunak

Menjelajahi hutannya sangat seru. Setelah keluar hutan yang satu kita bisa menemukan perbukitan dengan padang rumput. Sampai ujung kawasan ada empat hutan dan empat padang rumput.

  1. Pantai Mawun

Pantai Mawun diapit oleh dua bukit cantik dengan pemandangan yang eksotik. Pasir putihnya bersih dan masih alami. Di pinggir pantai banyak terdapat gazebo dan juga dipan tempat berjemur. Fasilitas untuk wisatawan sudah lemngkap, mulai dari gazebo, warung makan, toilet, sampai musolla. Penginapan sendiri belum ada di pantai ini. Sobat bisa menginap di kawasan Pantai Kute atau Selong Belanak yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Mawun.

Pantai Mawun Lombok Tengah
Pantai Mawun Lombok Tengah

Lokasinya berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Jaraknya kurang lebih 20 menit dari pantai Kuta Mandalika.

  1. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung memiliki batu tinggi yang diameter bagian atasnya lebih besar dari bagian bawahnya. Pantai Batu Payung letaknya berseblahan dengan pantai Aan. Dari pantai Aan sobat bisa menyewa kapal nelayan atu berjalan kaki sambil menelusuri bukit untuk sampai di tempat ini. Pantai Batu Payung tidak berpasir. Hanya ada batu karang di pinggir pantai. Bentuk karangnya plate, rata.

Pantai Batu Payung Lombok
Batu Payung Lombok dari Kejauhan

Tempat wisata Lombok satu ini memiliki pemandangan yang eksotis sehingga sering dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk iklan produk. Tidak banyak pengunjung di pantai ini. Fasilitas wisata masih minim. Bahkan warung pun tidak ada. Hotel yang terdekat dengan pantai ini yaitu hotel atau penginapan yang berada di kawasan pantai Kuta.

  1. Pantai Mawi

Pantai Mawi berada tidak terlalu jauh dari pantai Selong Belanak. Dari Selong Belanak ke Pantai Mawun, sobat sebelumnya akan menemukan papan petunjuk. Tempatnya agak masuk melewati perbukitan.

Suasananya masih sepi. Ombaknya lumayan tinggi. Tipe ombak seperti ini cocok digunakan untuk berselancar. Peselancar mancanegara sudah banyak yang mengunjungi pantai Mawi untuk menjajal omabaknya. Pantai Mawi berseblahan dengan pantai Selong Belanak tepatnya di desa Mekar Sari, Praya Barat, Lombok Tengah.

  1. Pantai Semeti

Pantai Semeti berada satu jalur dengan pantai Mawun, Semeti, dan Selong Belanak. Ada penunjuk jalan kecil di pinggir jalan yang menjadi tanda jalan utuk memasuki jalan kecil menuju pantai Semeti. Jalannya tidak terlalu bagus. Jalannya belum beraspal, hanya berupa jalan setapak yang lumayan lebar. Memasuki kawasan pantai semeti berarti sobat akan melewati ladang penduduk yang menanam jagung dan palawija.

Pantai Semeti lombokbook
Pantai Semeti

Pemandangan pantaiSemeti didominasi dengan bukit karang dan batu karang yang terhampar sepanjang pantai. Bebatuan bukit karangngya unik menyerupai susunan batu berbentuk balok. Yang uniknya lagi batu-batu kotak yang tersusun tadi juga terlihat seperti mencuat dari permukaan air. Lokasinya berada di desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

  1. Pantai Telawas

Pantai Telawas berseblahan dengan pantai Semeti. Letaknya di balik bukit pantai Semeti. Bukit tersebut bisa didaki dan sobat bisa sampai di Pantai Telawas. Pemandangannya lebih ekstis lagi. Bukit batunya lebih curam dengan puncaknya yang runcing.

pantai telawas
Pantai Telawas

Model batunya mirip seperti pantai semeti. Batu-batu berbentuk balok tersusun di dasar bukit. Bagian atas batunya berbentuk oval memanjang tersusun menyatu seperti di semen. Hati-hati jika bermain di Pantai telawas. Perhatikan pijakan kaki di atas batu benar-benar mantap supaya tidak tergelincinr. Perhatikan juga kondisi ombaknya. Pantai Telawas menghadap langsung Samudera Hindia dan ombaknya cukup tinggi. Kalau mau berselfie perhatikan dulu kondisi sekitar.

  1. Bukit Merese

Bukit Merese dalah bukit di sebelah barat Pantai Aan. Bukit tersebut memanjang menjorok ke laut. Bukit Merese terkenal dengan keindahannya, lokasi yang tepat untuk mengungkapkan perasaan cinta pada pasangan katanya. Bukitnya ditumbuhi rerumputan sehingga mirip seperti bukit teletubis.

Bukit Merese Background Laut
Bukit Merese Background Laut

Bukit ini memang tepat untuk berfoto. Latar belakang pinggir pantai di bawahnya menambah cantik pemandangan apalagi foto diambil waktu sunset, Instagramable banget. Tempat foto lain yang tak kalah bagus adalah di bawah sebatang pohon di atas bukit. Hamparan rumput dengan sebatang pohon yang berdidri di tengahnya, di belakangnya ada pantai, kan cocok banget buat selfie sama orang terkasih.

Manyapu Pemandangan dari Bukit Bukit Merese
Manyapu Pemandangan dari Bukit Bukit Merese
  1. Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo masih tetanggaan dengan pantai Tanjung Aan. Tepatnya berada di sebelah kanan Bukit Merese. Dari atas bukit Merese Sobat turun ke bawah bukit sebelah kanan-bukitnya cukup terjal, maka sobat akan sampai di Pantai Tanung Bongo.

Suasana tempat wisata Lombok satu ini sangat tenang, tidak seramai pantai Kuta, atau pantai Aan. Sangat cocok untuk mencari ketenangan. Ada sebuah laguna kecil, yaitu air laut yang terebak masuk ke daratan karena dibatasi oleh batu karang yang ada di pinggir pantai. Laguna ini miriplah seperti kolam alami di pinggir pantai. Sobat perlu untuk mencoba berenang di sana.

  1. Goa Bengkang

Goa Bengkang berada tidak jauh dari jalan raya Pantai Kuta-Pantai Mawun. Gua bengkang di sebut juga Goa Gale-Gale. Lokasinya berada di bawah perbukitan tua yang terbentuk dari batu cadas.

Gua bengkang dipenuhi dengan kelelawar. Kotoran kelelawar menyebabkan aroma di dalam goa menjadi busuk.  Katanya, dulu Goa bengkang sering dijadikan tempat berteduh para penggembala kerbau.

Lokasi Goa bengkang tepatnya ada di Dusun Bengkang, Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Jarak dariPantai Kuta sekitar 2 kilometer.

  1. Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki gunung Rinjani sebelah selatan. Ada tiga titik air yang mengalir di sana. Legenda yang beredar di masyarakat sekitar bercerita bahwa Dewi Anjani, penghuni gunung Rinjani turun untuk membasuh rambutnya di air terjun ini.

air terjun benang setokel. lombokbook
wisata air terjun benang setokel, aik berik, lombok tengah. lombokbook

Air Terjun Benang Setokel berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Dengan tiket masuk Rp.5000 sobat sudah bisa mengunjungi air terjun Benang Setokel sekaligus dengan air terjun Benang Kelambu.

  1. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu berada satu kawasan dengan air terjun Benang Setokel. Jaraknya kurang lebih satu kilometer dari air Terjun Benang Setokel. Dinamakan Benang Kelambu karena Airnya melewati tumbuhan yang merambat di atasnya sehingga airnya terlihat menyatu seperti tirai dan jatuh dengan lembut.

Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu

Lokasinya berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah.

  1. Air Terjun Gunung Janggot

Satu lagi Air Terjun yang berada di Desa Aiq Beriq yaitu air terjun Gunung Janggot. Air terjun ini jatuh ke cerukan sungai. Airnya bersumber dari celah-celah tebing di atas sungai. Untuk menuruni tebing sudah ada tangga yang terbuat dari kayu. Tangga ini sangat cocok untuk dijadikan tempat selfie.

wisata alam lombok air terjun batu janggot lombokbook
Air Terjun Batu Janggot

Lokasinya berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Tiket Masuk hanya Rp. 5000 sudah termasuk biaya parkirnya.

  1. Air Terjun Titian Batu Kawangan

Satu lagi Air terjun di kaki Gunung Rinjani, Titian Batu Kawangan. Debit air yang mengalir dari atas tebing batu cukup besar. Kolam sekitar tempat jatuhnya air dikelilingi oleh bebatuan yang licin. Hati-hati jika berjalan di sana.

Tempat wisata Lombok satu ini masih tergolong tempat wisata baru dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Akses jalannya masih terbatas. Dari jalan raya Desa Lantan, sobat memasuki jalan tanah, melewati perkebunan. Sepanjang jalan sobat akan melewati hutan tropis.

Lokasinya ada di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Biaya parkirnya Rp.5000. Sobat harus berjalan kaki sekitar 20 meint dari parkiran untuk menuju lokasi air terjun.

  1. Air Terjun Babak Pelangi

Air terjun Babak Pelangi berada dalam satu kawasan dengan Air Terjun Titian Batu Kawangan. Setelah sobat memasuki jalan hutan di Desa Lantan, nanti sobat akan menemukan sebuah perigaan. Di sana ada papan petunjuk yang menandakan ara menuju air terjun. Jika sobat mengambil jalan lurus maka itu menuju Air Terjun Titian Batu Kawangan. Jika mengambil jalan ke kanan sobat akan sampai di Air Terjun Babak Pelangi.

Jarak dari pertigaan tersebut sekitar satu kilometer. Sobat akan menemukan banyak warga berlalu lalang mengangkut hasil panen pisang menggunakan motor. Di sekitar air terjun masih bisa kita temukan rumah warga.

Pemandangan Air Terjun Babak Pelangi Desa Lantan, Batukliang Utara, Lombok Tengah
Pemandangan Air Terjun Babak Pelangi

Tinggi air terjun kurang dari lima meter. Debit airnya cukup deras. Ada kolam penampungan air yang cukup luas, bisa digunakan untuk berendam. Airnya yang jernih mengalir menuju sungai. Air terjun ini memang terbentuk dari aliran sungai yang jatuh dari atas ketinggian. Di samping air terjun kita bisa menemukan sebuah bangunan yang sudah tidak terurus. Ada mesin-mesin yang tergeletak di sana. mungkin ini bekas mesin untuk menaikkan air untuk kebutuhan warga.

  1. Aiq Bukak

Aiq Bukak merupakan kolam pemandian tertua di Lombok tengah. Airnya mengalir dari sumber mata air kaki gunung rinjani sebelah selatan. Ada satu kolam pemandian di sana. kolamnya tidak terlalu besar dengan tempat untuk melompat di atasnya. Kolamnya memang tidak terlalu terawat.

Untuk sampai di sana, sobat harus menuruni puluhan anak tangga. Biaya masuknya Rp.5000. lokasi tepatnya berada di desa Aiq Bukak, kecamatan Batukliang, Lombok Tengah. Waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok sekitar 45 menit melewati Kota Praya-Gerunung-Perempatan Mantang-lalu lurus ke utara.

  1. Desa Tradisional Sade

Ingin melihat kehidupan asli masyarakat suku Sasak? Berkunjunglah ke desa Sade. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok, sekitar 15 menit berkendara kea rah selatan. Penduduk desa Sade masih mempertahankan bentuk bangunan lokal juga dengan tradisinya. Yang unik adalah masyarakat melulur lantai rumahnya dengan kotoran kerbau supaya tidak retak.

wisata lombok kesenian cupak desa sade
Kesenian Cupak Desa Wisata Sade Lombok

Para wanitanya memproduksi kain tenun yang cantik-cantik sebagai produk oleh-oleh buruan para turis. Mereka juga membuat permacam pernak-pernik yang dapat menambah kece tampilanmu. Selain itu, sering digelar pertunjukan kesenian tradisional seprti gendang beleq, presean, Drama Cupak Gerantang dan masih banyak lagi.

  1. Desa Sukerara

Desa Sukerare merupakan pusat kerajinan tenun di Lombok. Bermacam motif dan corak dengan kulitas terbaik diproduksi di sini. Banyak galeri yang menjual produk kerajinan tenun seperti songket dan kain tenun rang-rang. Menenun sudah menjadi budaya masyarakatnya. Perempuan di Desa Sade belum boleh menikah sebelum bisa menenun. Kalau budayanya seperti itu, tenun Lombok akan tetap lestari.

Tenun Desa Sukerare
Tenun Desa Sukerare

Di depan rumah biasanya terdapat berugaq seprti gaebo yang digunakan permpuan untuk menenun. Berugaq tersebut juga digunakan untuk memamerkan hasil tenunannya. Tertarik dengan tenun khas Lombok, bisa lihat proses pembuatannya atau bisa juga untuk mencoba belajar menenun.

  1. Masjid Agung Praya

Masjid Agung Praya telah banyak mengalami perubahan. Halamannya yang luas ditata menjadi taman yang indah. Masyarakat kota Praya melakukan banyak kegiatan di sini selain kegiatan keagamaan. Para pemuda memanfaatkan taman untuk berkumpul dan berdiskusi. Di halamannya juga anak-anak bermain spatu roda. Trotoar dan tanamannya ditata rapi. Rerumputan yang hijau menambah indah pemandangan. Anak-anak senang bermain di sana sambil menunggu ustadz yang akan mengajarkan mereka membaca Al-Qur’an.

masjid agung praya lombok tengah
Taman depan Halaman Masjid Agung Praya

Lokasinya ada di tengah kota Praya, tepatnya di kelurahan Leneng.

  1. Pantai Torok Aiq Beleq

Pantai Torok Aiq Beleq sangat sepi. Jarang orang yang mengunjungi tempat ini. Pantainya cukup luas dengan hamparan pasir putihnya yang menawan. Tidak banyak aktifitas yang terlihat di pantai Torok Aiq Beleq. Alamnya masih terjaga dan bersih.

Bermain di Pantai Bangko-Bangko
Bermain di Pantai Bangko-Bangko

Lokasi tempat wisata Lombok satu ini berada di dusun Toroq, Desa Montong Ajang, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah. Pantai ini dekelilingi bukit sehingga kendaraan harus menanjak dan menuruni bukit untuk menyentuh pantai ini.

  1. Bendungan Batujai

Bendungan Batujai merupakan waduk yang dibangun untuk keperluan irigasi. Bendungan Batujai dibangun untuk menampung air kali penujak yang memiliki debit air besar di musim penghujan tetapi sangat kecil di musim kemarau. Selain untuk keperluan irigasi, air bendungan Batujai juga diolah untuk kebutuhan air PDAM.

ancok, alat tangkap ikan tradisonal di lombok
Menangkap Ikan menggunakan Ancok di Bendungan Batujai

Bendungan Batujai lumayan luas, meliputi desa batujai, penujak, dan pinggir kota Praya. Pemandangan bendungan juga sangat cantik. Perbukitan di sekitarnya menambah keren pemandangan. Warga kota Praya juga menggunakan Bendungan Batujai untuk memancing dan berwisata. Pintu air Bendungan Batujai berada di Desa Batujai, Praya Barat, Lombok Tengah.

  1. Bendungan Pengga

Selain Bendungan Batujai, di Lombok Tengah Juga terdapat bendungan besar yaitu bendungan Pengga. Kedua bendungan ini saling terhubung. Bendungan pengga berfungsi sebagai penampung air kebutuhan irigasi dan juga sebagai pengendali banjir. Selain itu  Bendungan Pengga juga dimanfaatkan untuk diolah sebagai air kebutuhan sehari-hari dan juga untuk pembangkit listrik tenaga air.

bendungan pengga lombok tengah
Bendungan Pengga Pagi Hari yang Lumayan Mendung

Bendungan Pengga cukup luas mencakup desa Darek, Pelambik, Kabul, dan Pandan Indah. Pintu air Bendungan Pengga terdapat di desa Pelambik, Praya Barat Daya, Lombok Tengah. Pemandangan sekitar bendungan Pengga keren sekali. Di Pinggirnya dikelilingi perbukitan. Pepohonan berderet rapi berbaris, di bawahnya padang rumput tempat penggembala kerbau menggiring ternaknya untuk mencari makan.

  1. Taman Tonjeng Baru

Taman Tonjeng Beru berada di pinggir Bendungan Batujai, kota Praya. Bendungan ini sengaja dibangun pemerintah melihat potensi Bendungan Batujai yang indah. Desain tamannya menarik cocok untuk anak muda maupun untuk kumpul sesama keluarga.

Taman Tonjeng Beru Kota Praya
Taman Tonjeng Beru Kota Praya

Taman Tonjeng Beru dibangun karena pemerintah mengetahui kebutuhan warganya untuk mendapatkan tempat rekreasi melepas penat bekerja. Masyarakat sekitar mengunjungi taman ini untuk menikmati waktu bersama keluarga atau sahabat sambil mencoba kuliner yang dijajakan di sana. Selain itu kita bisa menemukan orang mancing atau menangkap ikan menggunakan ancok-alat tangkap ikan tradisional masyarakat Lombok.

  1. Taman Tastura

Taman tastura berada di Tengah Kota Praya. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan pemukiman warga juga perkantoran pemerintah dan sekolah. Sebelah utaranya terdapat SMA 1 Praya, SMP 2 Praya dan SDN 4 Praya. Sebelah selatannya dekat dengan Yayasan Pondok Pesantren Darul Muhajirin dan SMP 1 Praya. Di dekatnya juga ada kantor P&K, depag, pengadilan agama, pengadilan negri, perpusatakaan kota sehingga sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

Nongkrong Taman Tastura Praya, Lombok Tengah
Nongkrong di Taman Tastura

Pemandangan pagi harinya ramai dengan murid sekolah yang berolahraga, sorenya ramai oleh masyarakat yang jogging, berkuliner ria, kumpul komunitas, dan juga tempat hiburan anak. Banyak fasilitas olah raga yang disiapkan di sana seperti lapangan basket, voli, sepak takrow, panjat tebing dan banyak lagi.

  1. Taman Upin Ipin

Anak-anak sering menyebutnya Taman Ipin Upin karena di temboknya terdapat gambar relief keluarga Ipin Upin, kartun asal negri jiran Malaysia. Taman buatan ini sengaja dibangun untuk tempat hiburan anak-anak. Ada kolam, patung hewan, relief kartun yang pastinya disenangi oleh anak-anak.

Lokasinya ada di Desa Batujai, Praya Barat, Lombok Tengah, tepatnya di depan SPBU Batujai.

  1. Parit Abangan

Parit abangan merupakan saluran irigasi untuk keperluan pertanian. Dibangun pada masa pendudukan Belanda. Konstruksi lantainya terbuat dari beton. Awalnya parit Abangan hanya menjadi tempat anak-anak sekitar bermain air. Karena cepatnya informasi, orang-orang tertarik melihat anak-anak bermain prosotan. Bayangan saluran irigasi ini seperti waterboom tradisional.

Hari-hati jika bermain prosotan di sini. Aliran airnya cukup deras. Jangan sampai hilang kendali dan membentur dinding parit yang terbuat dari batu. Agar lebih aman, pakai pelampung dari ban bekas saja, biar pantat tidak sakit saat maen prosotan.

  1. Desa Wisata Mas-Mas

Desa Mas-Mas menawarkan paket wisata pedesaan. Banyak turis asing maupun nasional yang tertarik berwisata ke desa ini. Mereka merasakan keakraban, kekeluargaan, juga kehangatan penduduknya. Kegiatannya mungkin terkesan biasa, namun bagi orang yang menyukai wisata dengan sentuhan social, desa Mas-Mas tentunya menjadi tempat yang menarik.

Para pengunjung tempat wisata Lombok satu ini akan diperkenalkan dengan kearifan lokal berupa mengenakan kain tenun khas Suku Sasak sebagai sarung. Hal ini tentunya untuk menyesuaikan dengan norma setempat yang mengharuskan pakaian yang tidak terbuka.

Pengunjung juga diperkenalkan dengan kehidupan masyarakat setempat. Mulai dari mengunjungi sekolah dan ikut mengajar, melihat bagaimana masyarakat mengolah lahan pertanian, kerjainan, kesenian, serta kuliner. Benar kata pepatah, tak kenal maka tak saying. Makin kenal makin sayang. Mengenal kehidupan masyarakat desa Mas-Mas menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

  1. Lapangan Bundar Praya

Lapangan Bundar Praya letaknya di sebelah timur Taman Tastura. Lapangan ini berbentuk bundar. Dulunya dikelilingi oleh tembok yang melingkari lapangan. Lapangan Bundar Praya sering dijadikan tempat pacuan kuda-biasanya diadakan pada hari minggu. Kuda pacuan dari Sumbawa dan Lombok beradu cepat di lintasan ini.

Selain sebagai lintasan pacuan kuda, tempat ini juga digunakan untuk pertandingan sepak bola tingkat lokal. Pagi hari basanya kita akan menemukan penunggang kuda yang menglilingi lapangan. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah tengah menata lagi Lapangan ini. Semoga penataannya semakin cantik dan semakin banyak kegiatan yang bisa kita ikuti di sana.

  1. Desa Beleke

Desa Beleke dikenal dengan desa pusat kerajinan ketak. Ketak yaitu sejenis tumbuhan paku-pakuan yang dianyam menjadi beragam kerajinan. Tumbuhan ketak diolah dan diambil seratnya. Bentuk seratnya mirip seperti rotan.

Setelah seratnya jadi kemudian dianyam menjadi nampan, tempat buah, keranjang, piring kecil, tempat pinang, tempat pensil, bahkan sampai dikreasikan menjadi tas cantik. Sobat bisa melihat proses pembuatan rotan dan mencoba belajar pada penduduk setempat.

Produk kerajinan ketak dari desa Beleke sudah diekspor sampai mancanegara. Keunggulannya kerajinan ketak adalah tidak bisa lapuk dan kuat. Tertarik dengan kerajinan ketak? Silahkan mengunjunginya di desa Beleke, Praya Timur, Lombok Tengah.

  1. Pantai Serangan

Pantai serangan ada di sebelah kanan pantai Selong Belanak, terpisah oleh perbukitan. Akses jalan menuju pantai Serangan Lumayan Menantang. Akses jalan ke tempat ini masih terbatas, bisa dibilang seadanya. Trek yang harus dilalui kebanyakan jalan tanah tak beraspal, naik turun bukit, melewati parit.

Tantangan utamanya adalah akses jalan menuju ke sana. Tetapi soal pemandangan tak kalah dengan pantai lain di Lombok. Garis pantainya pantainya panjang. Pasirnya mirip seperti di Pantai Kuta yang berbentuk bulat kecil bak merica. Lokasi tempat wisata Lombok satu ini dekat pantai Tomang-Omang, Desa Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah.